Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

DEFINISI KOMPUTASI MODERN



Ø  DEFINISI KOMPUTASI
Komputasi didefinisikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun saat ini komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Ilmu komputasi definsi secara umum adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Pada dasarnya biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut. Dalam ilmu komputasi memiliki satu cabang ilmu yang bernama komputasi sains. Secara umum komputasi sains mempelajari aspek-aspek komputasi untuk aplikasi atau memecahkan masalah di bidang sains lain, seperti fisika, kimia, biologi dan geologi. Dalam sejarah komputasi modern tidak dapat terlepas dari peranan John von Neumann, beliau adalah ilmuwan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern serta salah satu ahli matematika terbesar, beliau juga yang pertam kali mencetuskan konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori sehingga menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini.
Ø  SEJARAH KOMPUTASI MODERN
Secara historis, komputer panitera manusia yang dihitung sesuai dengan metode yang efektif. Manusia melakukan berbagai perhitungan saat ini dilakukan oleh komputer elektronik, dan ribuan dari mereka yang bekerja dalam perdagangan, pemerintahan, dan lembaga penelitian. Istilah mesin komputasi digunakan semakin dari tahun 1920, mengacu pada setiap mesin yang melakukan pekerjaan komputer manusia setiap mesin yang menghitung sesuai dengan metode yang efektif. Selama akhir 1940-an dan awal 1950-an, dengan munculnya mesin komputasi elektronik, mesin ‘kalimat’ komputasi secara bertahap memberi jalan hanya untuk ‘komputer’, awalnya biasanya dengan elektronik ‘awalan’ atau ‘digital’.
Ø  DEFINISI KOMPUTASI MODERN
Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara untuk memecahkan masalah dari sebuah data input. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu matematika dan ilmu komputer. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.
Komputasi modern bisa dibilang adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
1.         Akurasi (bit, Floating poin)
2.         Kecepatan (Dalam satuan Hz)
3.         Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
4.         Modeling (NN dan GA)
5.         Kompleksitas (Menggunakan teori Big O).
Karakteristik Komputasi Modern
Karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
1.        Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2.        Komputer-komputer terhubung ke jarinagn yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3.        Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Jenis-jenis Komputasi Modern
Jenis-jenis komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :
1. Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
2. Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.
3. Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya dibawah ini :
  • Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
  • Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
  • Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
  • Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
Dan ada juga persamaan antara komputasi mobile, komputasi grid, dan komputasi cloud, penjelasanya sebagai berikut :
  • Ketiganya merupakan metode untuk melakukan komputasi, pemecahan masalah, dan pencarian solusi.
  • Ketiganya memerlukan alat proses data yang modern seperti komputer, laptop atau telepon genggam untuk menjalankannya.
Dampak Adanya Komputasi Modern
Dampak dari adanya komputasi modern adalah dapat membantu manusia untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dengan menggunakan komputer. Salah satu contohnya adalah biometric. Biometric berasal dari kata Bio dan Metric. Kata bio diambil dari bahasa yunani kuno yang berarti Hidup sedangkan Metric juga berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti ukuran, jadi jika disimpulkan biometric berarti pengukuran hidup.
Tapi secara garis besar biometric merupakan pengukuran dari statistic analisa data biologi yang mengacu pada teknologi untuk menganalisa karakteristik suatu tubuh (individu). Dari penjelasan tersebut sudah jelas bahwa Biometric menggambarkan pendeteksian dan pengklasifikasian dari atribut fisik. Terdapat banyak teknik biometric yang berbeda, diantaranya :
  • Pembacaan sidik jari / telapak tangan
  • Geometri tangan
  • Pembacaan retina / iris
  • Pengenalan suara
  • Dinamika tanda tangan.
Dan menurut Don Tapscott (1995) dalam bukunya yang berjudul “The Digital Economy : Promise and Peril In The Age of Networked Intelligence” menggambarkan bagaimana dampak teknologi komputasi pada kehidupan manusia. Aplikasi teknologi kurang sempurna tanpa dukungan mesin pintar yang berkemampuan analitik. Kehadiran teknologi komputasi yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Berikut ini hal-hal yang menggambarkan konsep kepintaran komputasi yang didukung dengan aplikasi teknologi.
1.      Produk yang digerakkan sistem komputer
a.       Smart car (mobil pintar)
b.      Smart card (kartu pintar)
c.       Smart house (rumah pintar)
d.      Smart road (jalan pintar)
2.      Perancangan produk dikelola oleh komputer
3.      Proses kerja yang digerakkan oleh komputer
4.      Komputer menjadi sarana komunikasi yang efektif
5.      Komputer sebagai pusat informasi
Di samping berdampak struktural pada peri kehidupan manusia, teknologi juga membangkitkan proses kultural dalam masyarakat yang diterpanya. Inilah gejala yang oleh N. Postman disebut technopoly, yang olehnya digambarkan sebagai berikut :
“Technopoly is a state of culture. It is also a state of mind. It consist in the deification of technology, which means that the culture seeks it’s satisfactions in technology, and takes it’s orders from technology”
Maka, yang menjadi masalah ialah sejauh mana suatu masyarakat siap memasuki zaman yang ditandai oleh supremasi teknologi sebagai daya pembangkit budaya baru tanpa merapuhkan ketahanan budayanya sendiri. Dengan demikian, maka tidak keliru pula untuk menyatakan bahwa dominasi teknologi akan berlanjut dengan berseminya budaya baru yang melahirkan berbagai nilai baru pula yang cenderung menjadi acuan perilaku manusia modern dalam berbagai pola interaksi dengan sesamanya.


REFERENSI

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

GENERASI PERKEMBANGAN KOMPUTER



GENERASI KOMPUTER
1.      KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1940 - 1959)

Komputer generasi pertama prinsip kerjanya menggunakan tabung vakum(vacuum tube) yang berukuran besar dan kompleks seperti crystal doides, relays, resistor dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150kw digunakan untuk memproses dan menyimpan data. Tabung vakum berukuran seperti lampu kecil. Tabung ini cepat panas dan mudah pecah karena bahan bakunya terdiri dari kaca dan mudah menyalurkan panas.
Ø  Karakteristik komputer pada generasi pertama :
1)        Komponen elektroniknya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube) berukuran sangat besar.
2)        Menggunakan silinder magnetik sebagai media penyimpanan.
3)        Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), programnya tersimpan dalam memori komputer.
4)        Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
1)        Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas.
2)        Memerlukan banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas.
3)        Prosesnya relatif lambat.
4)        Kapasitas untuk menyimpan data kecil.

Ø  Pabrik yang memproduksi Komputer Generasi Pertama, yaitu :
a.       UNIVAC
b.      IBM
c.       BURROGHS
d.      HONEYWELL

1.2 Contoh Komputer Generasi Pertama

1.    ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
Dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.

 

2. EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

3. EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator)
            Memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
 

4. UNIVAC 1 Computer.
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 ( Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
2.      GENERASI KOMPUTER KEDUA (1955 1960)
Pada komputer generasi kedua ini dipengaruhi dengan adanya penemuan transistor (Transfer Resistor). yaitu komponen elektronik berukuran kecil yang  cara kerjanya memanfaatkan aliran muatan (elektron) di dalam zat padat kristalin. Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum. Pada komputer generasi ini, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan generasi pertama.
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu: “Basic”, “Collector”, dan “Emmiter”. Fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Keunggulan transistor yaitu tidak mudah pecah dan tidak menyalurkan panas, Transistor mempunyai sifat lebih ringan, lebih kuat dan tahan lama dibandingkan teknologi tabung pada generasi komputer sebelumnya.
Ø  Karakteristik komputer generasi kedua yaitu :
1)      Komponen elektronikanya dari Transistor
2)      Program dibuat dengan Assembly Language, Common Business-Oriented Language (COBOL) danFormula Translator (FORTRAN) dan ALGOL.
3)      Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage.
4)      Tidak banyak mengeluarkan panas.
5)      Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk penyimpanan luar yang berbentuk removable disk..
6)      Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai kokmputer secara bersama-sama).
7)      Proses relatif lebih cepat.
8)      Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar, dibandingkan generasi sebelumnya.
9)      Tegangan listrik yang diperlukan lebih kecil.

Ø  Pabrik yang memproduksi Komputer Generasi Kedua, yaitu:
a.     UNIVAC
b.     IBM
c.      BURROGHS
d.     HONEYWELL
e.     CDC (Control Data Corporation)
f.       NCR


3.      KOMPUTER GENERASI KETIGA (1965 - 1970)
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
 Tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil sehingga lebih menghemat ruang. Komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC atau disebut chip. Komputer jenis ini dapat digunakan untuk multiprogram. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) seperti UNIX dan WINDOWS.
Ø  Karakteristik komputer generasi ketiga yaitu :
1)      Penggunaan teknologi IC / chip sehingga kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.
2)      Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter
3)      Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk)
4)      yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access)
5)      Penggunaan listrik lebih hemat.
6)      Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
7)      Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
8)      Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain

Ø  Pabrik yang memproduksi Komputer Generasi Ketiga, yaitu:
a.     IBM
b.     BURROGHS
c.      HONEYWELL
d.     NCR

4.      KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration
(LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan 10 satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat
rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya
menggunakan magnetic core storage.
Ø  Karakteristik komputer generasi keempat, yaitu :
1)      Penggunaan komponen LSI (Large Scale Integration)
2)      Penggunaan microprocessor yang merupakan pemadatan ribuan IC dalam sebuah chip.
3)      Penggunaan bahasa pemrograman BASIC, FORTRAN, COBOL, dan PASCAL.
4)      Ukuran relatif lebih kecil
5)      Pengenalan sistem baru yaitu Database Management System (DBMS)

Ø  Pabrik yang memproduksi Komputer Generasi Ketiga, yaitu :
a.       IBM
b.      BURROGHS
c.       HONEYWELL
d.      INTEL
  
5.      KOMPUTER GENERASI KELIMA
Komputer generasi kelima memang belum terwujud secara fisik, karena diharapkan komputer generasi ini merupakan komputer impian masa depan. Pembuatan bentuk komputer generasi kelima tentunya diharapkan pula akan lebih kompleks dan dapat memudahkan para pengguna nya dalam penggunaan komputer yang terintegrasi. Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI), sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan penggunanya. Komputer generasi kelima ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam waktu bersamaan. Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang besar. Komputer impian ini diperkirakan akan mempunyai kepandaian tersendiri atau dapat membuat keputusan sendiri. Sifat luar biasa komputer ini disebut sebagai kecerdasan buatan. Komputer generasi kelima ini juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian  lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan. Unit pemrosesan  pusat juga dapat berfungsi sebagai otak manusia, dan mempunyai kepandaian tersendiri dalam merespon keadaan sekeliling dan dalam mengambil sebuah keputusan seperti pemikiran manusia.

Ø  Karakteristik komputer generasi kelima, yaitu :
1)      Komputer generasi kelima ini masih pada tahap pengembangan dan pemakaiannya belum banyak.
2)      Komponen elektroniknya menggunakan chip VLSI
3)      Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor).
4)      Difokuskan pada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan) yang merupakan sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
5)      Dapat membantu menyusun program untuk diri sendiri.
6)      Dapat membuat pertimbangan – pertimbangan logis.

REFERENSI












  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS