Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pemahaman Ilmu Sosial Dasar

BAB I
PENDAHULUAN

A.1  Latar Belakang
Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang kita pelajari saat kita mulai berinteraksi dengan masyarakat,dalam arti sempit atau pun luas. Sehubungan tersebut kita tidak akan pernah lepas dengan interaksi sosial karena kita manusia di kata kan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya manusia satu dengan lain nya sehingga terjadi interaksi sosial dan hubungan timbal balik. Tanpa adanya ilmu sosial kita tidak tahu dan mengarti akan hubungan yang dapat menyatukan interaksi antar sesama.
Sebagai mana kita di ajarkan berinteraksi sejak dini di harapkan kita dapat mengenal dan menerapkan interaksi tersebut dengan benar,dari hal yang sederhana seperti cara berbicara,sopan santun,tanggung jawab yang akan mengharmoniskan kita dalam berinteraksi sosial dengan sesama sehingga tercipta suatu hubungan yang sederhana,utuh dan nyaman karena hubungan interaksi yang selaras.
Dengan ini saya menyimpulkan bahwa interaksi sosial merupakan bukti ilmu sosial dasar yang tercipta dengan harmonis akan menyelaraskan hubungan interaksi masyarakat luas. Sehingga perlu di ajar kan sejak dini agar kita tidak salah dalam berinteraksi.


A.2 Maksud dan Tujuan
Penulisan ini bertujuan untuk pemahaman saya akan arti ilmu sosial dasar dan hubungan interaksi sosial secara lebih luas dan spesifik. Dan bermaksud untuk :
1.       Memenuhi tugas kuliah Ilmu Sosial Dasar
2.       Memahami arti sosial dasar dan interaksi yang terjadi di dalam nya
3.        


A.3  Teori
 Interaksi Sosial menurut menurut Shaw (Ali,2004:87) merupakan suatu pertukaran antarpribadi yang masing- masing orang menunjukkan perilakunya satu sama lain dalam kehadiran mereka dan masing- masing perilaku mempengaruhi satu sama lain. Dalam hal ini, tindakan yang dilakukan seseorang dalam suatu interaksi merupakan stimulus bagi individu lain yang menjadi pasangannya.
Interaksi Sosial. Homans ( dalam Ali, 2004: 87) mendefinisikan interaksi sebagai suatu kejadian ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi ganjaran atau hukuman dengan menggunakan suatu tindakan oleh individu lain yang menjadi pasangannya.
Konsep yang dikemukakan oleh Homans ini mengandung pengertian bahwa interaksi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam interaksi merupakan suatu stimulus bagi tindakan individu lain yang menjadi pasangannya.

A.4 Metode
Dalam menyusun makalah ini saya menggunakan metode penelitian dengan menggunakan internet ( membuka situs tentang ilmu sosialyang berhubungan dengan interaksi sosial ).

A.5 Kasus/Study
1.Pengertian Ilmu Sosial Dasar
2.Sejarah kehidupan
3.Hakikat Ilmu Sosial Dasar
4.Tujuan Ilmu Sosial Dasar



BAB II
PEMBAHASAN
1.Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
a. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
b. Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
c. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut di atas, maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.
2.Sejarah Kehidupan (metode biografi)
Sejarah kehidupan seseorang dapat merupakan sumber data yang penting untuk lebih mengetahui “jiwa” orang yang bersangkutan, misalnya dari cerita ibunya, seorang anak yang tidak naik kelas mungkin diketahui bahwa dia bukannya kurang pandai tetapi minatnya sejak kecil memang dibidang musik sehingga dia tidak cukup serius untuk mengikuti pendidikan di sekolahnya.Dalam metode ini orang menguraikan tentang keadaaa, sikap - sikap ataupun sifat lain mengenai orang yang bersangkutan ]. Pada metode ini disamping mempunyai keuntungan juga mempunyai kelemahan, yaitu tidak jarang metode ini bersifat subjektif.

3.Hakikat Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar (ISD) membicarakan hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan ini dapat diwujudkan kenyataan sosial dan kenyataan sosial inilah yang menjadi titik perhatiannya. Dengan Demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial. Ilmu sosial bukanlah suatu bidanmg keahlian ilmu-ilmu sosial tertentu, seperti politik, antropologi dan sebagainya, tetapi menggunakan pengertian-pengertian berasal dari berbagai bidang ilmu sosial seperti ilmu politik, sosiologi, sejarah dan sebagainya.


4. Tujuan
 Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan,yaitu :

a. Ilmu Sosial Dasar Bertujuan membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.
b. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
c. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
d. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
e. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.




BAB III
PENUTUP
Demikian bahan kajian ini merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada ilmu sosial dan berhubungan erat dengan tata cara bersosialisasi sehingga kita sebagai peserta didik dapat memperdalam tentang ilmu sosial yang mendasari untuk menatap luas nya unsur-unsur perkembangan jaman,kultur budaya yang dalam kurun waktu tertentu semakin berkembang dan bermacam-macam aspek di dalam  nya yang tentu mempunyai perbedaan di setiap daerah atau negara tertentu.Untuk itu perlu ada nya pengetahuan lebih dari kita untuk memilih atau mencari jati diri kita dengan sosialisasi yang tepat dan tidak menyimpang dari etika dan norma yang ada.

BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

januar surya mengatakan...

terima kasih artikelnya, sangat membantu.

www.kiostiket.com

Posting Komentar