Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TUGAS ANALISIS dan KOMPARASI WEB II


TUGAS ANALISIS dan KOMPARASI WEB II
Universitas Pancasila
&
Universitas Siliwangi
( Posting Purpose )



WINDA YULIANI PERMATASARI
2IA04
57411427



UNIVERSITAS GUNADARMA


Pendahuluan
Sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University untuk menilai suatu web dapat dikatakan bagus atau menarik tidak hanya melihat pada tampilan web itu sendiri namun masih ada beberapa kriteria lain yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah web.Beberapa criteria yaitu Penulis,Pembaharuan Tulisan,Tujuan untuk Audiens,Obyektifitas.
Pada Tugas Pengantar Web Science tentang Komparasi Web kedua kali ini adalah melakukan komparasi tentang sebuah situs atau web sebuah universitas yaitu Universitas Pancasila dan Universitas Siliwangi. Yang akan saya lakukan untuk komparasi kedua web ini adalah dengan menggunakan parameter “Tujuan untuk Audiens” ,jadi dilihat dari postingan kedua web universitas tersebut akan dibandingkan fungsi atau tujuan pengunggahan dan kegunaan untuk pembaca,Namun untuk komparasi kali ini saya juga akan menggunakan konten “Promotion Tools” untuk membandingkan kedua web tersebut.

1.       Universitas Pancasila (http://univpancasila.ac.id)




 

2.       Universitas Siliwangi (http://unsil.ac.id)

Berdasarkan konten yang saya gunakan sebagai pembanding kedua web di atas yaitu Posting Purpose dan Promotion Tools menggunakan parameter dari Cornel University tentang web evaluation sedikit banyak sudah memberi penjelasan bahwa
1.       Posting Purpose

Universitas Pancasila
(univpancasila.ac.id)
Universitas Siliwangi
(unsil.ac.id)
Posting Purpose
-          Memberi informasi atau berita terbaru tentang kampus,berbagai informasi tentang pedoman kampus dan memposting beberapa berita tentang akademik kampus untuk pembaca/audiens.
-          Tidak hanya memberi berita tentang akademik tetapi jg tentang acara seperti workshop yang dilaksanakan di kampus.

-          Memberi informasi atau berita terbaru tentang kampus,berbagai informasi tentang pedoman kampus dan memposting beberapa berita tentang akademik kampus untuk pembaca/audiens.
-          Mencantumkan konten tentang program akademik yang ada di kampus tersebut


2.       Promotion Tools
Promotion Tools disini di maksudkan untuk memberi gambaran tentang keunggulan dari masing-masing kampus tersebut agar dapat menarik hati para pengunjung sehingga dan menjadi ajang promosi untuk mengenalkan keunggulan nya.
 Beberapa upaya promosi :
  • Membuat film/animasi berdurasi pendek (± 3 menit) yang menceritakan keunggulan unit kerja
  • Menyediakan data lulusan yang berprestasi
  • Menyediakan informasi peluang kerja lulusan dan kegiatan kewirausahaan yang dapat diciptakan.
  • Penempatan fitur informasi terlihat jelas dan mudah ditemukan oleh pengunjung.
Kesimpulan:
1.       Berdasarkan penilitian dari Cornel University dengan konten “Posting Purpose” dan setelah saya melakukan analisis dan komparasi diketahui bahwa antara kampus Universitas Pancasila dan Universitas Siliwangi memberi informasi atau berita terbaru tentang kampus,berbagai informasi tentang pedoman kampus dan memposting beberapa berita tentang akademik kampus untuk pembaca/audiens.
2.       JIka berdasarkan konten tentang “Promotion Tools” bahwa Universilas Siliwangi lebih unggul dari segi tampilan atau postingan berita dan keunggulan kampus tersebut dibanding Universitas Pancasila,dan juga Universitas Siliwangi memcantumkan berbagai kegiatan akademik yang ada di kampus tersebut dengan adanya system pembelajaran secara elektronik atau virtual elektronik.
Daftar Pustaka




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar