Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TUGAS ANALISIS DAN KOMPARASI WEB



TUGAS ANALISIS DAN KOMPARASI WEB
E – learning
&
E – journal
( Posting Purpose )



WINDA YULIANI PERMATASARI
2IA04
57411427



UNIVERSITAS GUNADARMA

Pendahuluan
 
Sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University untuk menilai suatu web dapat dikatakan bagus atau menarik tidak hanya melihat pada tampilan web itu sendiri namun masih ada beberapa kriteria lain yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah web.Beberapa criteria yang lainnya yaitu:
I. AWAL PENILAIAN
A. Penulis
  1. Apa saja kredensial penulis - afiliasi institusional (di mana ia bekerja), latar belakang pendidikan, tulisan masa lalu, atau pengalaman? Adalah buku atau artikel yang ditulis tentang topik di daerah penulis keahlian? Anda dapat menggunakan berbagai Siapa Siapa publikasi bagi AS dan negara-negara lain dan untuk mata pelajaran tertentu dan informasi biografis yang terletak dalam publikasi sendiri untuk membantu menentukan afiliasi penulis dan kredensial.
  2. Apakah instruktur Anda disebutkan penulis ini? Pernahkah Anda melihat nama penulis dikutip dalam sumber-sumber lain atau bibliografi? Penulis terhormat yang sering dikutip oleh para sarjana lainnya. Untuk alasan ini, selalu perhatikan nama-nama yang muncul dalam berbagai sumber.
  3. Adalah penulis terkait dengan lembaga bereputasi atau organisasi? Apa nilai-nilai dasar atau tujuan dari organisasi atau lembaga?
  1. Ketika itu sumber diterbitkan? Tanggal ini sering terletak di muka halaman judul di bawah nama penerbit. Jika tidak ada, carilah tanggal hak cipta di balik halaman judul. Pada halaman Web, tanggal revisi terakhir biasanya di bagian bawah halaman rumah, kadang-kadang setiap halaman.
  2. Apakah sumber arus atau out-of-date untuk topik Anda? Topik bidang pembangunan berkelanjutan dan cepat, seperti ilmu, menuntut informasi lebih lanjut saat ini. Di sisi lain, topik dalam humaniora sering membutuhkan materi yang ditulis bertahun-tahun lalu. Pada ekstrem yang lain, sumber berita di Web sekarang perhatikan jam dan menit yang artikel yang diposting di situs mereka.
Apakah ini edisi pertama dari publikasi ini atau tidak? Edisi selanjutnya mengindikasikan sumber telah direvisi dan diperbarui untuk mencerminkan perubahan dalam pengetahuan, termasuk kelalaian, dan menyelaraskan dengan kebutuhan pembaca yang dimaksudkan itu. Juga, banyak atau cetakan edisi mungkin menunjukkan bahwa pekerjaan telah menjadi sumber standar di daerah dan dapat diandalkan. Jika Anda menggunakan sumber Web, lakukan halaman mengindikasikan tanggal revisi?
Perhatikan penerbit. Jika sumber dan diterbitkan oleh pers universitas, kemungkinan untuk menjadi ilmiah. Meskipun fakta bahwa penerbit adalah reputasi tidak selalu menjamin kualitas, hal itu menunjukkan bahwa penerbit mungkin memiliki menjunjung tinggi untuk sumber yang diterbitkan.
Apakah ini ilmiah atau jurnal populer? Perbedaan ini penting karena menunjukkan tingkat kerumitan yang berbeda dalam menyampaikan ide. Jika Anda memerlukan bantuan dalam menentukan jenis jurnal, lihat Membedakan Ilmiah dari Non-Ilmiah Periodicals. Atau Anda mungkin ingin memeriksa judul jurnal Anda dalam edisi terbaru Majalah Katz untuk Perpustakaan (Olin Ref Z 6941. K21, dipetieskan di referensi desk) untuk penjelasan evaluatif singkat.


II. ANALISIS ISI
Setelah membuat penilaian awal, Anda sekarang harus memeriksa tubuh sumber. Baca kata pengantar untuk menentukan niat penulis untuk buku. Scan daftar isi dan indeks untuk mendapatkan gambaran yang luas dari bahan itu mencakup. Perhatikan apakah bibliografi disertakan. Baca bab yang secara khusus membahas topik Anda. Pemindaian daftar isi dari masalah jurnal atau majalah juga berguna. Seperti buku-buku, kehadiran dan kualitas bibliografi pada akhir artikel dapat mencerminkan perawatan yang penulis telah mempersiapkan pekerjaan mereka.
Apa jenis penonton adalah penulis menangani? Adalah publikasi ditujukan khusus atau khalayak umum? Apakah sumber ini terlalu dasar, terlalu teknis, terlalu maju, atau tepat untuk kebutuhan anda?
  1. Apakah informasi yang tertutup fakta, opini, atau propaganda? Hal ini tidak selalu mudah untuk memisahkan fakta dari opini. Fakta biasanya dapat diverifikasi, pendapat, meskipun mereka mungkin didasarkan pada informasi faktual, berevolusi dari interpretasi fakta. Penulis yang terampil dapat membuat Anda berpikir interpretasi mereka adalah fakta.
  2. Apakah informasi tersebut valid dan baik diteliti, atau itu dipertanyakan dan tidak didukung oleh bukti-bukti? Asumsi harus masuk akal. Catatan kesalahan atau kelalaian.
  3. Apakah ide-ide dan argumen yang dikemukakan kurang lebih sejalan dengan karya-karya lain yang Anda telah membaca pada topik yang sama? Semakin radikal penulis berangkat dari pandangan orang lain dalam bidang yang sama, lebih hati-hati dan kritis Anda harus meneliti ide nya.
  4. Adalah titik penulis pandang tujuan dan tidak memihak? Apakah bahasa bebas dari emosi-membangkitkan kata-kata dan bias?
C.Obyektifitas

1.  Menyajikan informasi dengan minimal bias
 2. Apakah adil, seimbang dan wajar
 3.Situs berpura-pura untuk bersikap objektif, tetapi hanya menyajikan satu sudut pandang
4.Mungkin tidak membedakan advokasi vs Fakta
5.Dapat memberikan informasi yang bias dalam rangka untuk mempromosikan sebuah produk
Pada tugas softskill ketiga ini,saya akan sedikit melakukan analisa dan mengkomparasi antara dua situs yang berbeda yaitu http://elearning.gunadarma.ac.id dengan http://ejournal.gunadarma.ac.id dilihat dari sudut pandang Tujuan(Purpose) bagi seorang pembaca yang mengunjungi situs tersebut.

A.Pengertian E-learning
E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.
Ø  Berikut contoh tampilan E-learning :

B.Pengertian E-Journal
Penelitian tanpa publikasi seperti produksi film tanpa pemutaran. Publikasi menjadi sangat penting dalam mendiseminasikan hasil penelitian. Meskipun hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, secara umum manfaat secara langsung belum bisa dirasakan.  Sering sekali harus dilakukan berkelanjutan untuk memperoleh manfaat langsung bagi masyarakat. Penelitian berkelanjutan tentu saja tidak hanya dilakukan oleh peneliti itu sendiri tapi juag peneliti lain di instansi lain dan bahkan di Negara lain. Penelitian berulang yang dilakukan oleh peneliti berbeda karena saling tidak tahu tentunay tidak diinginkan karena akan menyia-nyiakan sumber daya. Oleh karena itu, diseminasi hasil penelitian menjadi suatu hal yang sangat penting. Mengingat pentingnya hal tersebut, Lembaga Penelitian Universitas Gunadarma mengelola penerbitan beberapa jurnal lokal dan nasional, yang berfungsi sebagai media publikasi hasil penelitian baik dari kalangan Universitas Gunadarma, peneliti lainnya di Indonesia, dan tentu saja untuk peneliti lain dari luar negeri. Jurnal yang dikelola Lembaga Penelitian Universitas Gunadarma dengan demikian terbuka bagi umum, baik dari kalangan:
  1. Universitas Gunadarma
  2. Peneliti di PT atau Litbang di seluruh Indonesia
Ø Berikut contoh tampilan E-journal:





1.     Komposisi Kegunaan masing-masing situs

1.     Komposisi Kegunaan masing-masing situs
Keterangan
E-learning
E-journal
1.Fungsi
  • Pembelajaran jarak jauh.
  • Pembelajaran dengan perangkat komputer
  • Pembelajaran formal vs. informal
  • Pembelajaran yang ditunjang oleh para ahli di bidang masing-masing.

·         Media publikasi hasil penelitian
·         Sebagai referensi sumber buku
·         Diseminasi hasil penelitian
·         Perpustakaan secara elektronik
2.Cara Penggunaan
Tidak perlu mendaftar atau register terlebih dahulu
Harus mendaftar atau login terlebih dahulu
3.Ket.Waktu
Terdapat tanggal,waktu memposting
Tidak terdapat tanggal,waktu memposting
2.     Prosentase kegunaan kedua situs tersebut
 

3.     Dominasi tujuan adanya situs tersebut
Menurut saya kedua situs tersebut dibuat dengan kegunaan/fungsi masing-masing tapi jika dilihat dari prosentase di atas alasan kenapa e-journal lebih besar dari pada e-learning mungkin lebih di dasarkan pada kegunaan e-journal itu sendiri yang dapat dijadikan sumber referensi untuk mencari buku sesuai dengan jurusan dan mata kuliah yang berguna,baik untuk kalangan Universitas Gunadarma maupun luar Univ.Gunadarma seperti Instansi-instansi atau PT lain,sedangkan e-learning meskipun sesuai dengan pengertiannya disebut sebagai media pembelajaran secara jarak jauh atau elektronik tapi mungkin ini belum terlalu efektif untuk mahasiswa itu sendiri.

KESIMPULAN
1.Cornell University memiliki beberapa criteria dalam menilai suatu web yaitu terbagi atas Awal penilaian seperti penulis,tanggal publikasi,edition/revisi,penerbit,judul jurnal.Penilaian Isi seperti kalangan pembaca/tujuan untuk pembaca,tujuan pernalaran,obyektifitas.
2.Dominasi fungsi adanya situs http://ejournal.gunadarma.ac.id  lebih besar dibandingkan http://elearning.gunadarma.ac.id






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS