Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TUGAS SOFTSKILL 1



Winda Yuliani Permatasari
57411427/ 2IA04





INTERNET



 Pengertian Internet
            Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang terhubung satu sama lain,sedangkan menurut para Ahli Internet merupakan jaringan  yang menghubungkan  antara komputer satu dengan komputer yang lain dengan protokol TCP/IP.
Sejarah Perkembangan Internet
Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi merupakan awal munculnya aplikasi web yaitu Internet. Internet berawal pada tahun 1957,melalui riset Advanced Research Project Agency (ARPA) di Amerika Serikat. Amerika mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains untuk keperluan militer,yang dilatar belakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet.
Perkembangan Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960.Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam bentuk paket yang masing-masing paket dapat melalui berbagai alternatif jalur.Packet switching memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi,berbeda dengan jalur telefon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada tahun1969 packet switching digunakan  secara menyeluruh untuk metode komunikasinya menggantikan circuit switching sebagai sambungan telefon public.
Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).  Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.
Perkembangan Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.
Perkembangan Internet di Indonesia
Saat ini kegunaan Internet di Indonesia tidak hanya untuk dunia Pemerintahan melaikan sudah berkembang pesat khususnya pada bidang Pendidikan,Bisnis Makro maupun Mikro,apalagi dunia Kerja yang memerlukan referensi dari berbagai sumber informasi untuk menunjang bidang pekerjaan yang kita lakukan. Perkembangan Internet sekarang pun cukup membanggakan karna adanya dukungan Pemerintah Indonesia sendiri yang secara kooperatif,Pemerintah melakukan langkah nyata untuk mengembangkan Internet hingga daerah pedesaan,sehingga masyarakat pun dapat menikmati Internet meskipun belum semua daerah pedesaan mendapat distribusi untuk pengembangan Internet itu sendiri.
Dengan perkembangan internet di indonesia dan dengan adanya dukungan Pemerintah sudah sewajarnya media Internet ini di kembangkan di Indonesia,tidak hanya untuk kepentingan pribadi tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan umum dan juga sebagai lahan pekerjaan bagi masyarakat ataupun sebagai usaha bisnis yang banyak berkembang saat ini di Indonesia.



NEW MEDIA



Pengertian New Media
Istilah New Media terdiri atas dua kata yaitu New yang berarti baru dan media yang berarti perantara,jadi dapat diartikan New Media merupakan sarana Perantara yang baru.Baru disini diartikan sebagai kecepatan waktu,manfaat,produksi dan distribusi.New Media juga dimaksudkan untuk mencakup segala informasi dari berbagai perkembangan digital,komputer,dan teknologi informasi dan komunikasi masa kini.

Sejarah New Media
Media merupakan istilah dalam studi media yang muncul pada akhir abad ke-20,New Media memungkinkan untuk mengakses berbagai konten dalam berbagai waktu dan berbagai tempat pada setiap perangkat digital,serta umpan balik dari pengguna yang interaktif,dan partisipasi,pembentukan komunitas.
Pada tahun 1960,hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh.Tahun 1980 Alan Kay dan rekan kerja nya di Xerox PARC mulai menggunakan komputer pribadi untuk individu.Hingga tahun 1980 media mengandalkan media cetak dan siaran analog seperti televisi dan radio,kemudian dua puluh lima tahun terakhir terjadi perkembangan yang cukup pesat dari media yang berupa siaran analog menjadi teknologi digital seperti internet dan game komputer.Penggunaan komputer digital telah mengubah dari siaran analog menjadi  siaran digital dan publikasi secara online yang dengan mudah dapat diakses.Bahkan dengan perkembangan new media saat ini kita sperti dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang memudahkan kehidupan.Seperti penerapan kegiatan masyarakat yang setiap hari nya membaca koran sekarang dapat diakses melalui Ipad atau tablet dengan sekali klik saja.Dan dengan perkembangan nya new media juga memungkin kan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain walau dalam tempat yang berbeda dan jauh sekali pun dengan media tertentu seperti skype,video call,dll.Inilah yang terlihat adanya perkembangan ilmu teknologi informasi dan komunikasi dari awal kemunculannya hingga saat ini yang sudah semakin berkembang pesat.


Daftar Pustaka



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar