Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

BUDAYA TERTIB


Nama: Winda Yuliani Permatasari
NPM: 57411427
Kelas : 1IA09





KATA PENGANTAR
Pertama-tama saya ingin memanjatkan puji syukur atas kesehatan,kesempatan,dan keridho’an Allah SWT yang hingga akhirnya saya dapat merampungkan tugas Ilmu Sosial Dasar dengan tema “Manusia sebagai Makhluk Berbudaya” yang berjudul ”Budaya Tertib”.
Tidak lupa saya juga ingin mengucapkan terima kasih untuk semua pihak-pihak yang telah membantu saya untuk menyelesaikan tugas Ilmu Budaya Dasar ini sehingga dapat selesai tepat waktu.Dan tugas makalah ini juga masih jauh dari kata sempurna maka dari itu saya memohon kritik dan saran nya untuk membangun tugas makalah ini untuk lebih  baik dan dapat memberikan sebuah ilmu yang bermanfaat untuk saya sendiri ataupun semua pembaca makalah ini.
Sedikit kata yang dapat saya tuliskan dalam tugas makalah ini semoga dapat menambah sedikit wawasan kita bersama.







                                                           




                                                                        Depok,25 April 2012

                                                                        Penyusun



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR............................................................................................................... 1
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................................................................... 3
1.1  LATAR BELAKANG................................................................................................
1.2  RUMUSAN MASALAH...........................................................................................
1.3  METODOLOGI........................................................................................................
1.4  TUJUAN PENULISAN............................................................................................

BAB 2 PEMBAHASAN........................................................................................................... 4
A.    Pengertian Ketertiban Umum
B.    Definisi Ketertiban Umum menurut para Ahli
C.   Ketertiban Lalu Lintas
D.   Manajemen Lalu Lintas
E.    Penyebab kurang nya sikap tertib

BAB 3 PENUTUP................................................................................................................ 7
            3.1 KESIMPULAN....................................................................................................
            3.2 SARAN................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA










BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kita temui hal-hal yang dekat dan sering berhubungan langsung dengan sistem antrian.Tanpa disadari terkadang kita mengalami secara langsung sistem antrian itu sendiri.Seperti misalnya kita mengantri untuk mendapatakan pelayanan di suatu tempat tertentu,atau di suatu tempat instansi tertentu untuk mendapatkan suatu perlayanan.Garis-garis antrian tersebut sering disebut dengan antrian/queues,dan fasilitas perlayanan disebut server.Sistem antrian tersebut sebenarnya dapat diefisienkan dengan menggunakan teori antrian dan penyelesaian untuk mengatasi masalah antrian tersebut salah satunya adalah menggunakan ilmu Matematika.Ilmu Matematika terdiri dari dua yakni Matematika Murni dan Matematika Terapan,namun yang paling dekat kaitannya adalah ilmu Matematika Terapan untuk membantu ilmu lain dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan pengembangannya.Termasuk dalam menyelesaikan permasalahan sistem Antrian berdasarkan teori antrian dengan menggunakan ilmu matematika terapan mengacu pada model keputusan antrian.
1.2  RUMUSAN MASALAH
F.    Pengertian Ketertiban Umum
G.   Definisi Ketertiban Umum menurut para Ahli
H.   Ketertiban Lalu Lintas
I.      Manajemen Lalu Lintas
J.    Penyebab kurang nya sikap tertib

1.3  METODOLOGI
Dalam penulisan ini dilakukan metode penulusaran materi dengan metode pustaka,dan mencari data pada buku-buku dan sumber-sumber terkait dengan tema yaitu Manusia sebagai Manusia Berbudaya.
1.4  TUJUAN PENULISAN
Penulisan ini bertujuan agar kita dapat mengetahui  hal-hal yang berhubungan tentang Budaya Mengantri yang sudah menjadi budaya yang kurang tertata di negeri Indonesia ini,maka dari itu diharapkan setelah membaca artikel ini dapat menumbuhkan sikap untuk dapat memperbaiki budaya mengantri menjadi lebih baik dan agar hal-hal yang tidak diinginkan sebelumnya akibat budaya antri yang kurang baik tidak terjadi ataupun terulang lagi dimasa yang akan datang apabila budaya antri kurang tertata dengan baik.




BAB 2
PEMBAHASAN
Disetiap aspek kehidupan sudah barang tertentu terdapat sebuah aturan yang mengatur,baik dalam lingkup keluarga,masyarakat,sekolah,ataupun di bidang sosial,politik ataupun agama.Aturan tersebut akan menciptakan ketertiban dan membuat keadaan menjadi lebih tenang,damai,aman,dan teratur. Bahkan dengan adanya ketertiban itulah terjadi kehidupan di dunia dan alam semesta ini.
Aturan itu sendiri merupakan sebuah kata yang mempunyai makna sesuatu yang harus dipatuhi. Aturan juga disebut Norma,Aturan dapat diterapakan dalam kehidupan keluarga agar tercipta kehidupan bermasyarakat yang lebih teratur dan tertata dalam suatu batas aturan tertentu. Aturan tidak hanya ada dalam suatu hubungan bermasyarakat bahkan dalam hubungan bernegarapun perlu adanya aturan. Suatu Aturan tidak lepas dengan masalah ketertiban,sehingga dalam hal ini perlu digaris bawahi bahwa ketertiban yang terjalin secara benar dan terkonsep dapat menciptakan hubungan yang teratur dan nyaman baik untuk kita ataupun orang lain.
Sedangkan dalam hal ini pembahasan tentang ketertiban dan aturan yang sudah ada belum bisa menciptakan budaya antri di negeri kita ini berjalan dengan semestinya,dengan bukti bahwa masih banyak masyarakat yang bersikap tidak menaati peraturan dan melakukan ketidak tertiban banyak contoh misalnya: ketidaktertiban mengantri loket ataupun ketidaktertiban berlalulintas dan mungkin masih banyak contoh yang lainnya.
A.   KETERTIBAN UMUM
Pengertian dan Fungsi Asas Ketertiban Umum
            Asas ketertiban umum merupakan salah satu asas yang harus di perhatikan dan sangat penting khususnya dalam ruang lingkup hukum perdata internasional.Asas merupakan salah satu sumber hukum seperti yang dapat dilihat dalam definisi hukum yang dirumuskan oleh Prof. Mochtar Kusumaatmadja,Hukum adalah keseluruhan kaidah dan asas yang mengatur perilaku dalam pergaulan manusia dan juga meliputi lembaga-lembaga dan proses-proses guna mewujudkan dalam kenyataan.
Berdasarkan pengertian tersebut selain asas,sumber hukum yang lain juga meliputi kaidah,lembaga dan proses.Asas dan kaidah identik dengan adanya perintah dari penguasa yang berdaulat dan akan selalu dianggap sebagai sesuatu hukum yang mengikat masyarakat khususnya apabila dituangkan dalam hukum positif(undang-undang).
B.  KETERTIBAN  UMUM Menurut para Ahli,yaitu:
1.Menurut Julian D.M Lew: Walaupun pada dasarnya kedua istilah sama dan merujuk pada suatu hal yang sama, tetapi isi dan diaplikasinya berbeda. Order public secar umum lebih luas dan lebih memberikan kebebasan mengaplikasikan daripada public policy yang sangat terbatas dalam menjelaskan persoalan yang dihadapi.
2.Definisi Blacks’s Law Dictionary : Ketertiban umum merupakan suatu asas standard yang dibentuk oleh badan pembuat undang-undang atau oleh pengadilan sebagai suatu dasar atau asas yang penting bagi suatu negara dan semua masyarakat.

3.Peraturan Perundang-undangan ,Pasal 1320 tentang hukum perdata:
            1.sepakat mereka yang mengikatkan dirinya
            2.cakap untuk membuat suatu perikatan
            3.suatu hal tertentu
            4.suatu sebab yang halal

C.   KETERTIBAN BERLALU LINTAS
Peraturan Lalu Lintas diatur dalam Undang-Undang No 22 tahun 2009,didefinisikan sebagai gerak kendaraan dan orang di ruang lalu lintas jalan,sedang yang dimaksud dengan Ruang Lalu Lintas Jalan adalah prasarana yang diperuntukkan bagi gerak pindah Kendaraan,orang atau barang berupa Jalan dan fasilitas pendukung.Tata cara berlalu lintas dijalan diatur dengan peraturan perundang-undangan menyangkut arah lalu lintas,prioritas menggunakan jalan,lajur lalu lintas,dan pengendaliaan arus di persimpangan.

D.   MANAGEMENT LALU LINTAS
Management lalu lintas meliputi kegiatan perencanaan,pengaturan,pengawasan,dan pengendalian lalu lintas.Management lalu lintas bertujuan untuk keselamatan,keamanan,ketertiban dan kelancaran lalu lintas,dan dilakukan antara lain dengan:
1.    Usaha peningkatan kapasitas jalan ruas,persimpangan,atau jaringan jalan.
2.    Pemberian prioritas bagi jenis kendaraan atau pemakai jalan tertentu.
3.    Penyesuaian antara permintaan perjalanan dengan tingkat pelayanan tertentu dengan mempertimbangkan keterpaduaan intra dan antar moda.
4.    Penetapan sirkulasi lalu lintas,larangan atau perintah bagi pemakai jalan.
Dan tidak lupa budaya ini juga menjadi kegiatan rutin di perkotaan adalah budaya macet.Kemacetan adalah suatu hal yang tidak asing bagi penduduk perkotaan, salah satunya yang terjadi di Ibukota Indonesia yaitu Jakarta. Banyaknya kaum urbanisasi yang terjadi membuat kota Jakarta penuh sesak, bahkan tidak sedikit dari mereka yang datang langsung membawa kendaraan pribadi.
Hal tersebut tentu akan sangat memberikan dampak buruk bagi transportasi di Jakarta, karena kita tahu hampir semua penduduk di Jakarta mempunyai kendaraan pribadi. Akibatnya kemacetan pun terjadi disetiap jalan raya bahkan di gang sempit misal komplek perumahan, dll.
Tingkat kejenuhan warga pun semakin meningkat akibat situasi macet yang setiap hari mereka alami. Hal itu membuat kesabaran dari para pengguna jalan menjadi hilang, banyak yang melanggar peraturan lalu lintas, menyerobot jalan orang lain, dan mengambil jalur yang seharusnya tidak dilalui demi ingin mencapai tempat tujuan dengan cepat. Tingkat kecelakaan pun semakin bertambah jika kita berendara dengan ugal-ugalan atau saling serobot jalan orang lain. Kedisiplinan dan kesabaran merupakan hal yang harus ditumbuhi lagi pada diri warga Ibukota, karena sebagian besar penyebab kemacetan itu diakibatkan oleh tingkah mereka sendiri yang tidak tertib berlalu lintas.
Maka dari itu kita sebagai warga yang masih sadar akan ketertiban berlalu lintas tidak perlu ikut-ikutan untuk saling menyerobot jalan orang lain dan bersikap ugal-ugalan dijalan, karena itu akan semakin menambah parah kemacetan itu sendiri. Tumbuhkanlah kembali kesabaran pada diri sendiri karena jika kita tertib berlalu lintas maka kemacetan pun akan sedikit berkurang dengan kesabaran yang kita miliki maka jumlah kecelakaan pun akan semakin berkurang.
           
E.    Penyebab kurang nya sikap Tertib:
1.    Kurangnya kesadaran diri dalam menaati peraturan
2.    Kurangnya pengetahuan
3.    Kesadaran untuk melakukan sikap tertib masih perlu di tumbuhkan
4.    Sikap egois yang tidak menghiraukan orang lain
5.    Sikap terburu-buru / tidak sabaran















BAB 3
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Budaya tertib di negara Indonesia perlu adanya perubahan  dari individu masing-masing agar semua aspek ataupun aturan yang sudah ada tidak hanya sebagai  angin lalu melainkan sebagai garis ukur untuk dapat menaati peraturan tersebut,dan kesadaran itu semua perlu ditumbuhkan agar tata tertib dapat berjalan dengan semestinya.

3.2 Saran
            Kesadaran diri dan sikap untuk lebih baik untuk menaati aturan perlu ditanamkan karena dengan itu semua segala aturan dapat berjalan sebagaimana mestinya.








DAFTAR PUSTAKA

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BIODATA MEMBER SUJU








Biodata Leeteuk Super Junior
 

Nama Lengkap                      : Park Jung-Soo
Nama Panggilan                    : Leeteuk, Eeteuk, Teukie
Tempat-Tanggal Lahir           : Seoul, South Korea – 1 juli 1983
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B, Trot
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor, Host TV, DJ Radio, MC
Alat Musik                              : Piano, Guitar
Pertama Masuk/tahun          : 2000
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town, Super Junior, Super Junior – T, Super Junior – H
Hobby                                     : Nyanyi, Menulis Lagu, Online, Main Piano, Dengerin Musik
Golongan Darah                     : A
Tinggi Badan                          : 178 cm
Berat Badan                          : 59 kg
Jabatan                                   : Leader Of SUJU
Namanya diubah dari park junsu menjadi sebuah nama panggung yang telah bersinar dalam ‘Happy Together Friend’. Dia ingin namanya seperti Kangta, Hyesung, atau Junjin, Karena itu dia memutuskan mengganti namanya menjadi Leeteuk, yang artinya SPECIAL karena dia adalah orang special.


Biodata HeeChul Super Junior


Nama Lengkap                      : Kim Hee-Chul
Tempat – Tanggal Lahir        : Hoengseong, Gangwon, South Korea – 10 juli 1983
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B, Trot
Pekerjaan                               : Penari, Aktor, Host TV, DJ Radio, MC, Model
Alat Musik                              : Piano, Drums.
Tinggi Badan                          : 179 cm
Berat Badan                          : 60 kg
Hobby                                     : Menulis Puisi & dongeng, Main Komputer, Menggambar komik
Golongan Darah                     : AB
Pertama Masuk                     : Februari 2005
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town, Super Junior, Super Junior – T
Website : www.rellagyo.com
Dia Menyebut namanya sendiri ‘CINDERELLA’ dia tinggal bersama Hangeng dan Kibum.


Biodata Hangeng Super Junior


Nama Lain                             : HanKyung
Tempat-Tanggal Lahir           : Mudanjiang, Heilongjiang, China – 9 February 1984
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor, Model
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Bergabung Dalam                 : SM Town, Super Junior, Super Junior – M
Hobby                                     : Nari Tradisyonal China, Ballet, Main Komputer
Golongan Darah                     : O
Tinggi Badan                          : 181 cm
Berat Badan                         : 66 kg
Hangeng adalah satu-satunya anggota Super Junior Non Korea dia berasal dari China




Biodata Kibum SuJu


Nama Lengkap                      : Kim Kibum
Nama Panggilan                    : Kibum
Tempat-Tanggal Lahir           : Seoul, South Korea – 21 Agustus 1987
Hobby                                     : Latihan Nyanyi, Latihan Ekspresi Muka
Genres Lagu                           : Pop, Dance-Pop, R & B
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor, Model
Mulai Aktif                             : 2004-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town, Super Junior
Alat Musik                              : Piano
Golongan Darah                     : A
Tinggi Badan                          : 177cm
Berat Badan                          : 58 kg
Website : www.actorkibum.com
Panggilan Snow White punya 1 kakak perempuan dan 1 adik laki-laki, dia tinggal sekamar dengan HeeChul dan Hangeng


Biodata Siwon Super Junior


Nama Lengkap                      : Choi Siwon
Nama Panggilan                    : Siwon, Choi
Tempat-Tanggal Lahir           : Seoul, South Korea – 10 February 1987
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor, Model
Alat Musik                              : Piano, Drums
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town, Super Junior, Super Junior – M
Hobby                                     : Nyanyi, Nari, Nonton Film, Taekwondo, Main Drums,     Berbahasa China
Golongan Darah                     : B
Tinggi Badan                          : 183 cm
Berat Badan                          : 65 kg
Website : www.onlysiwon.com
Panggilan SHIMBA belajar bahasa China untuk acting disebuah drama china, berbicara dengan hangeng dalam bahasa China untuk melatih kemampuannya.
Mantan pacarnya Kim Stella (calon Anggota Super Girl)


Biodata Dong Hae Super Junior


Nama Lengkap                      : Lee Dong-Hae
Nama Panggilan                    : Donghae
Tempat-Tanggal Lahir           : Mekpo, Jeollanam, South Korea – 15 Oktober 1986
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor
Alat Musik                              : Piano, Guitar
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town, Super Junior, Super Junior – M
Hobby                                     : Nari, Olahraga, Nyanyi, Nonton Film
Golongan Darah                     : A
Tinggi Badan                          : 175 cm
Berat Badan                          : 60 kg
Panggilan Pinoccio
Mantan Pacarnya Jessica (Girls Generation)


Biodata Kyuhyun Super Junior


Nama Lengkap                      : Cho Kyu-Hyun
Nama Panggilan                    : Kyuhyun
Tempat-Tanggal Lahir           : Seoul, South Korea – 3 February 1988
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B
Pekerjaan                               : Penyanyi, Clarinet
Alat Musik                              : Piano, Guitar
Mulai Aktif                             : 2006-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town, Super Junior, Super Junior – M, Super Junior KRY.
Pernah mengalami Kecelakaan bersama ketiga temannya sesama anggota Super Junior, yaitu Eunhyuk, Shindong, dan Leeteuk. Namun ia yang mengalami luka terparah Sehingga koma selama beberapa Bulan.


Biodata Kang-In Super Junior


Nama Lengkap                      : Kim Young Woon
Nama Panggilan                    : Kang-In
Tempat-Tanggal Lahir           : Seoul, South Korea – 17 January 1985
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B, Trot
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor, Host TV, DJ Radio, MC
Alat Musik                              : Piano, Guitar, Bass Guitar
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town,Super Junior,Super Junior – T,Super Junior – Happy
Hobby                                     : Nyanyi, Nonton Film, Olahraga, Renang
Golongan Darah                     : O
Tinggi Badan                          : 180 cm
Berat Badan                          : 70 kg
Kang-In adalah MCs M! CountDown


Biodata Eunhyuk Super Junior


Nama Lengkap                      : Lee Hyuk-jae
Nama Panggilan                    : Hyukkie, Eunhyuk
Tempat-Tanggal Lahir           : Neunggok, Goyang, Gyeonggi, South Korea – 4 April 1986
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B, Trot
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor, DJ Radio, MC
Alat Musik                              : Piano
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town,Super Junior,Super Junior – T,Super Junior – Happy
Hobby                                     : Nari jazz, Olahraga, Dengerin Musik
Golongan Darah                     : O
Tinggi Badan                          : 176 cm
Berat Badan                          : 58 kg
Nama Hyukjae seperti nama pelawak korea, oleh karena itu SM Entertaiment mengubah namanya. Eunhyuk adalah teman lama Xiah (TVXQ). Pernah digosipin ama Lee boram (SEE-
YA)



Biodata Sungmin Super Junior


Nama Lengkap                      : Lee Sung-min
Nama Panggilan                    : Sungmin
Tempat-Tanggal Lahir           : Ilsan, Goyang,Gyeonggi, South Korea–1 january 1986
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B, Trot
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor, DJ Radio
Alat Musik                              : Piano, Guitar, Bass Guitars, Drums
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town,Super Junior,Super Junior–T,SuperJunior– H
Hobby                                     : Menggambar ala China, Nonto Film, Main alat Musik.
Golongan Darah                     : A
Tinggi Badan                          : 175 cm
Berat Badan                         : 57 kg
Website : min01.smtown.com
Punya seorang adik laki-laki yang bernama Sungjin. Sungmin Sangat pintar memasak.


Biodata Yesung Super Junior


Nama Lengkap                      : Kim Jong-Woon
Nama Panggilan                    : Yesung
Tempat-Tanggal Lahir           : Cheonan, South Chungcheong, South Korea–24 Ags 1984
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor
Alat Musik                              : Piano
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town,Super Junior,Super JuniorKRY,SuperJunior-H
Hobby                                     : Nyanyi, Olahraga, Baca, Nonton Film, Dengerin Musik
Golongan Darah                     : AB
Tinggi Badan                          : 178 cm
Berat Badan                          : 64 kg
Ia mempunyai seorang adik Laki-Laki yang bernama Jongjin


Biodata Shindong Super Junior


Nama Lengkap                      : Shin Dong-hee
Nama Panggilan                    : Shindong
Tempat-Tanggal Lahir           : Mungyeong, North Gyeongsang, South Korea – 28 September 1985
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B, Trot
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor, DJ Radio, MC
Alat Musik                              : Piano, Guitar
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town, Super Junior, Super Junior – T, Super Junior – H
Hobby                                     : Menari, Nonton Kartun, Melawak.
Golongan Darah                     : O
Tinggi Badan                          : 178 cm
Berat Badan                          : 90 kg
Shindong adalah Mcs M! CountDown



Biodata Ryeowook Super Junior


Nama Lengkap                      : Kim Ryeo-wook
Nama Panggilan                    : Wookie, Ryeowook
Tempat-Tanggal Lahir           : Incheon, South Korea – 21 Juni 1987
Genres Lagu                           : Pop, Dance, R&B, Trot
Pekerjaan                               : Penyanyi, Penari, Aktor
Alat Musik                              : Piano, Guitar
Pertama Masuk                     : 2000
Mulai Aktif                             : 2005-Present
Labels                                      : SM Entertaiment
Bergabung Dalam                 : SM Town, Super Junior, Super Junior – M, Super Junior – KRY
Hobby                                     : Nyanyi, Membuat Lagu.
Golongan Darah                     : O
Tinggi Badan                          : 173 cm
Berat Badan                          : 58 kg
Ryeowook adalah anggota Terakhir yang bergabung dengan Super Junior.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS